Metode Mencangkok Pohon Pepaya

Mencangkok pohon pepaya adalah salah satu cara untuk memperbanyak tanaman pepaya dengan mempergunakan bagian tanaman sebagai bahan mencangkok. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mencangkok pohon pepaya:
  • Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan: Anda akan membutuhkan bahan mencangkok seperti potongan batang pepaya yang sehat dan bebas dari penyakit, pot yang cukup besar untuk menampung tanaman mencangkok, bahan media tanam yang sesuai, dan pupuk atau unsur hara yang diperlukan.
  • Persiapkan batang pepaya sebagai bahan mencangkok: Potong batang pepaya yang akan Anda gunakan sebagai bahan mencangkok menjadi bagian dengan panjang sekitar 15-20 cm, yang mengandung 2-3 nodus atau titik tumbuh. Bersihkan bagian yang terpotong dari daun dan tangkai, kemudian lakukan penyiangan pada bagian yang terpotong dengan menggunakan obat penyakit atau pestisida yang sesuai.
  • Persiapkan pot dan media tanam: Bersihkan pot yang akan Anda gunakan dari sampah atau kotoran, kemudian tambahkan media tanam yang sesuai sampai setengah penuh. Tambahkan pupuk atau unsur hara yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan tanaman mencangkok.
  • Mencangkok batang pepaya: Letakkan batang pepaya yang sudah dipersiapkan tadi di atas media tanam yang telah disiapkan, kemudian tekan batang tersebut dengan lembut agar terpasang dengan baik. Pastikan bahwa batang pepaya terpasang dengan baik di media tanam dan tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.
  • Beri perlakuan setelah mencangkok: Setelah mencangkok, Anda perlu memberi perlakuan khusus agar tanaman mencangkok dapat tumbuh dengan baik. Misalnya, Anda dapat memberikan penyiraman yang cukup, memberikan nutrisi yang diperlukan, dan menjaga agar tanaman tidak terkena sinar matahari yang terlalu terik. Jika dilakukan dengan benar, tanaman mencangkok akan tumbuh dan berkembang menjadi pohon pepaya yang sehat dan produktif.
Pepaya merupakan salah satu buah yang kerap kita jumpai sehari hari. Buah yang berasal dari Negara Meksiko ini merupakan salah satu buah idola seluruh masyarakat. Rasa buah pepaya yang manis serta segar bisa langsung dinikmati atau kerap kali dijadikan campuran es buah maupun di untuk jus buah

Buah pepaya dapat tumbuh hampir diseluruh wilayah Indonesia dari dataran rendah hingga dataran tinggi (seumber: Kalie, 2008). Buah pepaya memiliki kandungan yang luar biasa layaknya Lemak, Protein, Kalsium, Karbohidrat, Besi, Fosfor, Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B1 serta yang lebih mencengankan lagi nyatanya pohon pepaya memiliki enzim papain yang terkandung didalam getahnya baik dalam daun serta batang yang sudah tersabit sebagai anti kanker atau anti tumor, enzim tersebut pertama kali diciptakan serta diteliti oleh Bouchut (Sumber: Direktorat Gizi, Depkes RI 1992 serta Bouchut, 1879).

Karena buah pepaya jelas jelas gampang didapatkan, sehingga banyak orang yang enggan menanam buah pepaya di pekarangan rumah atau di sekitar rumah. Bukan cuma itu saja, terhadap lazimnya pohon pepaya tumbuh menjulang tinggi sehingga memakan tempat Perihal tersebut yang terkadang menjadi kendala bagi yang tak mempunyai tempat yang cukup buat menam pohon pepaya di rumah.

Pada saat kini ini sudah adanya bibit pepaya result rekayasa genetika yang dapat tumbuh rendah serta berbuah lebat salah satunya adalah jenis Pepaya California. Pepaya jenis california diciptakan serta dimantapkan oleh Prof. Dr. Sriani Sujiprihati.

Pada saat ini telah adanya alterntif lain buat menanam pohon pepaya agar tanaman tak tumbuh tinggi, yaitu dengan metodemengcangkok pohon pepaya. bisa jadi terdengar asing atau bahkan Sahabat Inspirasi berkebun tak percaya dengan Perihal tersebut soalnya tanaman yang bisa di cangkok adalah tanaman yang berkambium bukan layaknya pohon pepaya.

Baca Juga : 11 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Namun bila Sahabat Inspirasi berkebun penasaran ingin mencoba mencangkok pohon pepaya, Sahabat Inspirasi berkebun dapatmengikuti langkah-langkah metode mencangkok pohon pepaya layaknya dibawah ini :
  • Alat serta Bahan yang di Perlukan 
  • Sepotong kayu atau bamboo dengan ukuran sekitar 3cm hingga 4cm 
  • Gelas air mineral bekas atau plastic 
  • Tanah kompos 
  • Pisau cutter 
  • Steples 
  • Air 



Langkah-langkah mencangkok pohon pepaya

Pertama apabila Sahabat Inspirasi berkebun mempunyai pohon pepaya yang sudah berbuah serta tumbuh menjulang tinggi, potonglah pohon pepaya setinggi 1,5 m dari tanah nanti sehabis dipotong akan tumbuh cabang, cabang tersebut yang nantinya akan di cangkok
Selanjutnya cabang terhadap pohon pepaya kita sayat dari bawah keatas sedalam setengah dari diameter atau layaknya membelah batang menjadi dua.

membelah batang menjadi dua

Gunakanlah bambu atau kayu buat mengganjalnya supaya adanya celah diantara sayatan tadi.

Gunakanlah bambu atau kayu

Pisah sisi gelas air mineral bekas, selanjutnya masukan batang ke tengah-tengah gelas yang sudah dibelah tadi serta sambungkan lagi dengan steples.

Pisah sisi gelas air mineral bekas

Sehabis di staples isi gelasnya dengan tanah.

staples isi gelasnya dengan tanah

Jangan lupa siram serta jaga kelembaan tanahnya hingga akar result cangkokan mulai tumbuh, kebiasaannya memakan masasekitar 1 bulan

Setelah akar telah tumbuh, setelah itu potonglah serta tanam kedalam pot atau langsung di tanah juga bisa.

Setelah akar telah tumbuh

Demikianlah artikel tentang Metode Mencangkok Pohon Pepaya, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "Metode Mencangkok Pohon Pepaya "