Air Kolam Sebagai Pupuk Organik Cair

Air kolam dapat digunakan sebagai pupuk organik cair dengan cara mengambil air dari kolam dan menggunakannya untuk memberi makan ke tanaman di kebun atau taman. Air kolam yang terkontaminasi dengan residu pupuk atau pestisida tidak sebaiknya digunakan sebagai pupuk organik cair. Sebaiknya, air kolam yang bersih dan tidak terkontaminasi digunakan sebagai pupuk organik cair untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman.

Untuk menggunakan air kolam sebagai pupuk organik cair, pertama-tama ambil air dari kolam dengan cara menyedot atau menggunakan pompa air. Kemudian, air tersebut dapat dicampur dengan air biasa dan diberikan ke tanaman dengan menyiramnya di sekitar batang dan akar tanaman.

Jika Anda ingin membuat pupuk organik cair sendiri, Anda dapat mencampur air kolam dengan beberapa jenis bahan organik seperti kotoran hewan, kotoran tumbuhan, atau dedak padi. Campuran tersebut kemudian dapat dibiarkan selama beberapa hari sampai bahan-bahan organik tersebut mengalami proses pembusukan dan menjadi pupuk organik cair yang dapat digunakan untuk memberi makan tanaman.

Sebagai tambahan, jangan lupa untuk memperhatikan tingkat pH air kolam sebelum menggunakannya sebagai pupuk organik cair. Tanaman memerlukan tingkat pH yang berbeda-beda, jadi pastikan untuk memahami tingkat pH yang disukai oleh tanaman yang Anda tanam dan sesuaikan dengan tingkat pH air kolam sebelum menggunakannya sebagai pupuk.

Air kolam ikan kebiasaannya akan di ganti tiap kali air telah kotor. terhadap kebiasaannya air kolam yang kotor itu dibuang begitu saja pasal air kolam yang kotor dikata sebagai limbah.

Seiring dengan pernyebaran teknologi dunia pertanian, nyatanya air bekas kolam ikan yang kotor tersebut bisa dipergunakan buatmenyiram tanaman pasal banyak mengandung unsur hara yang amat dibutuhkan oleh tanaman.

Seperti halnya terhadap proses pertanian aquaponik yang cuma mengandalkan air kolam saja sebagai nutrisi tanaman yang dialirkan ke akar-akar tanaman.

Pada proses budidaya tanaman secara aquaponik mengedepankan jikalau air bekas kolam ikan dapat membagikan keperluanunsur hara buat tanaman yang dapat mencukupi sampai tanaman berproduksi.

Air Kolam Sebagai Pupuk Organik Cair

Kebetulan didepan rumah kami adanya kolam ikan dengan ukuran 0,8 meter x 4 meter, sehingga area atas dari kolam tersebut kami manfaatkan buat tempat menanam sayuran.

Kami memelihara ikan cuma iseng saja buat hiburan semata. Rasanya amat seneng sekali terhadap saat kami berikan makan ikan serta menatap ikan berebut makanan yang kami berikan. sebagian jenis ikan yang kami pelihara salah satu layaknya gurame, nila, komet serta lele.

Sisa kotoran ikan serta makanan ikan yang terkandung di air kolam, kami manfaatkan buat menyiram tanaman.

Beberapa tanaman yang kami tanam didalam pot yang kami letakan diatas kolam layaknya tanaman kangkung, tanaman caisim, tanaman cabe, tanaman seledri serta sebagian tanaman bunga Selain sebagai hiburan serta hobi, budidaya ikan serta sayuran ini juga cukup menguntungkan. Kami bisa kurangi uang belanja dapur, pasal beberapa bahan dapur telah tercukupi dari pekarangan rumah serta halaman rumah, layaknya ikan sebagai lauk serta sayuran.

Semoga tulisan kami tentang Air Kolam Sebagai Pupuk Organik Cair Budidaya Sayuran dalam Pot bisa menolongSahabat Inspirasi Berkebun dalam memanfaat air kolam sebagai pupuk organik cair. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun buat menyimpan tulisan ini.

Post a Comment for "Air Kolam Sebagai Pupuk Organik Cair"